Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

KUNCI HIDUP LEBIH BAIK SECARA FISIK, EMOSIONAL DAN KEUANGAN

Posted by jktcgnadm

Ada yang berkata “Uang tidak bisa membeli kebahagiaan”. Benarkah uang tidak bisa membeli kebahagiaan? Lalu perasaan apa yang kita rasakan disaat membeli barang yang kita inginkan atau membelikan barang tersebut untuk diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan? Tentu hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Disini kita akan membahas bagaimana memperoleh hidup yang sejahtera dengan mengubah prespektif kita didalam kegiatan sehari-hari. Ada 3 hal penting yaitu kesehatan Emosional, Fisik dan Finansial. Ketiga hal ini sangat berhubungan dan tidak dapat dipisah atau dibedakan tingkat prioritasnya.

 

Memiliki Finansial yang baik memang merupakan faktor penting, tapi apa berarti itu  tujuan yang sebenarnya?

Memiliki Finansial yang baik akan memampukan Anda untuk membayar segala kebutuhan Anda, keluarga atau rencana-rencana kedepannya. Kebalikannya tidak memiliki uang yang cukup akan membuat Anda menjadi bingung bahkan penat untuk mencari cara bagaimana Anda memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sebuah studi terhadap 33.720 rumah tangga A.S. yang diterbitkan dalam Psychology Science edisi 2016 menemukan bahwa tingginya pengangguran berpengaruh kepada resiko terserangnya penyakit. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa Finansial, Emosional dan Fisik memang sangat berhubungan. Tapi jangan menganggap kesehatan Finansial yang menjadi awal kebutuhan untuk memenuhi kedua kesehatan lainnya yaitu Fisik dan Emosional, karena seseorang yang memiliki kebutuhan Finansial yang cukup belum tentu memiliki Emosional atau Fisik yang sehat.

 

3 Aktivitas Penting yang Layak untuk Anda Penuhi:

SEHAT SECARA FISIK

  • Aktivitas fisik rutin
    Sisipkan jadwal aktivitas fisik rutin harian Anda. Penting untuk berolahraga demi mendapatkan tubuh yang sehat
     
  • Asupan makanan seimbang
    Anda harus bisa menyeimbangkan asupan makanan dengan kegiatan sehari-hari Anda. Bila kegiatan sehar-hari Anda tidak terlalu aktif, hendaknya Anda memperhatikan pola makan yang setara.
     
  • Menjalani pola hidup yang sehat
    Memulai mengurangi kegiatan yang kurang menyehatkan seperti merokok, minum alkohol, tidur larut malam serta mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Tentu  Anda tidak bisa meninggalkan kebiasaan tersebut langsung sepenuhnya menggantinya dengan pola hidup sehat. Diperlukan tekat dan ketekunan untuk melakukannya, lakukan dikit demi sedikit, bukan hanya bertujuan untuk lebih sehat akan tetapi memperoleh kesejahteraan hidup Anda.

 

TENANG SECARA EMOSIONAL

  • Meluangkan waktu dengan keluarga
    Keluarga merupakan hal yang utama, Keluarga merupakan sumber kekuatan dan keyakinan kita untuk selalu percaya bahwa akan adanya alasan untuk menjalani hidup. Apapun kekurangan keluarga Anda sekacau apapun kehidupan Anda, keluarga selalu siap untuk mendampingi Anda dikala baik maupun sulit.

    Maka penting untuk Anda agar membangun hubungan keluarga yang baik. Begitu juga hubungan Anda dengan teman atau rekan kerja. Selalu berusaha untuk memiliki hubungan yang sehat dengan orang lain tanpa adanya perselisihan.
     
  • Meluangkan waktu untuk ‘me time’
    Setiap orang pastinya memerlukan waktu untuk sendiri, waktu untuk menenangkan jiwa dan pikirannya dari segala aktivitas kesibukan. Ada banyak cara untuk meluangkan waktu diri sendiri, carilah cara untuk menenangkan pikiran yang menurut Anda paling efektif.
     
  • Memiliki hubungan sosial yang sehat dengan rekan kerja
    Hubungan sosial dengan rekan kerja berpengaruh dengan performa Anda di pekerjaan. Buatlah suasana kerja Anda lebih menyenangkan.
     
  • Do Charity
    Michael Norton Professor of Business Administration Di Harvard Business School meneliti bahwa uang dapat memberikan kebahagiaan. “Jika menurut orang uang tidak dapat memberikan kebahagiaan maka sebenarnya kamu tidak menggunakannya dengan benar” Sebutnya. Michael percaya menyumbangkan uang kepada orang yang lebih membutuhkan memberikan efek kebahagiaan yang lebih dibandingkan digunakan untuk diri sendiri.

 

AMAN SECARA FINANSIAL

  • Tidak Menunggak Hutang
    Tidak melakukan atau menunda pelunasan hutang sama saja memberikan beban finansial Anda dikedepan hari. Usahakan untuk bisa membedakan mana kebutuhan dengan keinginan. Segera selesaikan hutang secepat mungkin sebisa mungkin.
     
  • Menabung  dan Investasi sejak Dini
    Sadar akan menabung dan berinvestasi sejak dini akan menjauhkan Anda dari ketidaksiapan dihari-hari tua. Cigna melakukan Survei yang mengatakan bahwa sebesar 79% orang Indonesia tidak memiliki dana pensiun dan 76% memiliki kendala finansial. Ini tentu bukanlah angka yang sedikit, dengan berarti masih banyak orang Indonesia yang tidak memiliki kesiapan finansial untuk dirinya sendiri.
     
  • Memiliki Asuransi
    Cigna melakukan survey juga terhadap keamanan finansial orang Indonesia apabila dirinya tidak dapat lagi bekerja. Dikatakan bahwa sebesar 81% orang Indonesia tidak memiliki keamanan finansial disaat dirinya tidak dapat bekerja kembali. Hal ini sungguh membahayakan kepada si pencari nafkah apabila dirinya tidak dapat mencari sumber pencaharian kembali. Asuransi bertujuan untuk mempertahankan aset Anda dikedepan hari dari hal-hal yang sifatnya merugikan. Perlu adanya kesadaran untuk kita semua agar mempersiapkan diri dari sesuatu yang tidak kita inginkan.