Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Common Reporting Standard (CRS)

Posted by jktcgnadm

Nasabah Yth,

Untuk membantu memerangi penggelapan pajak dan melindungi integritas sistem perpajakan, pemerintah di seluruh dunia memperkenalkan suatu persyaratan baru mengenai pengumpulan dan pelaporan informasi oleh lembaga keuangan yang dikenal dengan nama Common Reporting Standard (“CRS”). CRS merupakan standar yang digunakan untuk bertukar informasi terkait data perpajakan yang mewajibkan Lembaga Jasa Keuangan, termasuk PT Asuransi Cigna (“Cigna”), untuk mengidentifikasi lebih lanjut para Nasabahnya yang teridentifikasi sebagai Nasabah Asing*).

Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) Nomor 25/POJK.03/2015 tentang Penyampaian Informasi Nasabah Asing Terkait Perpajakan kepada Negara Mitra atau Yurisdiksi Mitra (“POJK 25/2015”) dan Surat Edaran OJK Nomor 16/SEOJK.03/2017 tentang Penyampaian Informasi Nasabah Asing Terkait Perpajakan Dalam Rangka Pertukaran Informasi Secara Otomatis Antarnegara Dengan Menggunakan Standar Pelaporan Bersama (CRS) (“SEOJK 16/2017”), Cigna sebagai Lembaga Jasa Keuangan diwajibkan untuk mengidentifikasi dan menentukan kedudukan wajib pajak Nasabahnya yang teridentifikasi sebagai Nasabah Asing*). Kami akan menentukannya berdasarkan informasi yang telah kami miliki atau kami dapat meminta data rincian tambahan dari Nasabah kami yang teridentifikasi sebagai Nasabah Asing*).

Jika Anda teridentifikasi sebagai Nasabah Asing*) dan Anda memiliki polis asuransi di Cigna, maka kami diwajibkan untuk memberikan rincian, termasuk informasi yang berkaitan dengan polis asuransi Anda, kepada OJK untuk dapat disampaikan kepada otoritas pajak di mana Anda merupakan wajib pajak.

 

Apa yang perlu Anda lakukan?
 

Untuk menegaskan status Anda berdasarkan CRS, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pernyataan diri (“Formulir CRS”) yang dibutuhkan dan mengembalikannya ke Professional Insurance Advisor Anda atau Customer Service kami. Untuk mengakses formulir pernyataan diri tersebut, silahkan klik link di bawah ini.

 

Apakah ada pertanyaan?
 

Informasi lebih lengkap mengenai CRS dan penerapannya di Cigna dapat dilihat pada FAQ yang telah kami sediakan. Jika ada pertanyaan khusus mengenai domisili pajak Anda, silakan hubungi penasihat pajak profesional atau kantor pajak nasional Anda.

 

*) Definisi Nasabah Asing adalah sebagaimana yang diatur dalam POJK 25/2015 dan SEOJK 16/2017 yaitu Nasabah yang merupakan warga negara atau penduduk dari negara selain Indonesia.

*) Definisi Participating Jurisdiction adalah sebagaimana yang diatur dalam POJK 25/2015 dan SEOJK 16/2017 yaitu suatu negara mitra atau yurisdiksi mitra yang dipublikasikan dalam suatu daftar yang diterbitkan oleh otoritas pajak Indonesia dan akan memberikan informasi Nasabah Asing terkait perpajakan.