Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Tentang Cigna

Tentang Cigna

Cigna Corporation

 

Cigna (NYSE : CI), merupakan sebuah perusahaan layanan kesehatan global yang membaktikan diri untuk membantu meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan rasa aman. Seluruh produk dan layanan tersedia secara eksklusif melalui anak perusahaan dari Cigna Corporation, termasuk Connecticut General Life Insurance Company, Cigna Health and Life Insurance Company, Life Insurance Company of North America dan Cigna Life Insurance Company of New York yang menawarkan serangkaian produk, perawatan, rencana dan pelayanan kesehatan yang terintegrasi termasuk perawatan medis, gigi, kesehatan jiwa, farmasi dan mata serta asuransi jiwa perorangan maupun kelompok, Asuransi Kecelakaan dan Ketidakmampuan Diri. Cigna beroperasi secara internasional di 30 negara, dan memiliki 90 juta nasabah di seluruh dunia.

Cigna di Indonesia

Cigna

PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) merupakan perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Didirikan pada tahun 1990, Cigna Indonesia merupakan anak perusahaan Cigna Corporation, salah satu perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di pasar Amerika Serikat, berkantor pusat di Bloomfield, Connecticut, juga beroperasi secara internasional di 30 negara, dan memiliki sekitar 95 juta nasabah di seluruh dunia yang dilayani oleh kurang lebih 41.000 karyawan.

Cigna Indonesia kini telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia dengan keunggulan dalam menyediakan produk dan layanan yang menjangkau konsumen dan rekan bisnis secara langsung. Pada akhir tahun 2016, Cigna Indonesia membukukan pencapaian rasio tingkat solvabilitas, atau disebut RBC (Risk Based Capital) sebesar 637% jauh di atas peraturan pemerintah sebesar 120%.

Sejalan dengan perkembangannya, Cigna Indonesia telah menerima sejumlah penghargaan dari berbagai institusi dan majalah bisnis di Indonesia. Penghargaan tersebut membuktikan komitmen Cigna Indonesia untuk menjadi organisasi yang customer centric dan senantiasa memberikan produk serta pelayanan terbaik bagi nasabah.

Cigna Indonesia memiliki izin usaha di bidang asuransi jiwa patungan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: Kep-369/KM.13/1990 tertanggal 24 Agustus 1990 juncto Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: 572/KMK.017/1994 tertanggal 25 November 1994 juncto Surat Menteri Keuangan Nomor S.324/MK.6/2001 tertanggal 22 Mei 2001 juncto Surat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor S-4302/NB.111/2015 tertanggal 13 Agustus 2015.

 

Tim Manajemen

 

Herlin Sutanto - Direktur

 

Berbekal pengalaman lebih dari 21  tahun memimpin berbagai fungsi dalam industri perbankan dan finansial dengan spesialisasi dalam pembuatan produk, manajemen proyek, manajemen kartu kredit, perbankan dan operasional, Herlin Sutanto bergabung dengan Cigna sebagai Chief Operations Officer di tahun 2014 dan selanjutnya di 2016 bertanggung jawab sebagai Chief Distribution Officer. Sebelumnya Ibu Herlin bekerja di Citibank, Astra Credit Company, OCBC Bank dan AIA Financials.

Herlin membawahi beberapa divisi yang menjadi tulang punggung Cigna Indonesia dalam memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat Indonesia.

Herlin lulus dari California State University – San Bernardino  dalam bidang Finansial di tahun 1988 dan meniti karirnya di dalam dan luar negeri semenjak itu.

 

David A. Tobin - Direktur

 

Telah bergabung dengan Cigna International semenjak tahun 2002 yang membawanya melintasi berbagai penjuru dunia hingga kini di Indonesia turut menyumbangkan pengalaman dan kemampuannya sebagai Chief Financial Officer dan Chief Operations Officer di PT Asuransi Cigna. Lulusan ilmu aktuaria dari University of Illinois Amerika Serikat telah bergabung di Cigna International sejak tahun 2002.

Pengalamannya di bidang aktuaria membawa David menduduki posisi Chief Financial Officer di PT Asuransi Cigna dari 27 Maret 2013 dan sebelumnya di Cigna International Turkey, Cigna Health Care Connecticut, dan Cigna Group Insurance Philadelphia.

 
Fellow to the Society of Actuaries, 12/00
 
Health Insurance Associate, 9/01
 
Member of the American Academy of Actuaries, 11/96
 
Associate, Customer Service, 9/00
 
Fellow, Life Management Institute, 3/00
 
Managed Healthcare Professional, 3/01
 

Ben Furneaux - Direktur

 

Ben Furneaux bergabung di Cigna dan menjabat sebagai Direktur dan Kepala Strategi untuk Cigna Individual dan International Market pada tahun 2011, sebelum dipromosikan sebagai Chief Marketing Officer di Cigna Indonesia tahun 2015.

Selama berada di International Market, Ben bertugas mengepalai Strategi Global, Pengembangan Usaha dan perluasan Individual Health, Life and Accident and Employer Medical propositions. Tanggung jawabnya mencakup pembukaan pasar baru, M&A, serta pengembangan kemitraan lintas wilayah dimana dirinya memegang peranan penting dalam negosiasi da npembinaan hubungan kemitraan Joint Venture, serta penjualan langsung tatap muka.

Saat Ben memegang posisi sebelumnya, Cigna berhasil memasuki pasar India dan melakukan kerjasama Joint Venture dengan Finansbank di Turki serta memperbarui Joint Venture dengan CMB di Cina.

 

Nefo Luhur Dradjati - Direktur

 

Memiliki pengalaman human resources selama lebih dari 20 tahun di beragam industri dari hospitality hingga kini dalam industri asuransi setelah bergabung bersama PT Asuransi Cigna sejak tahun 2000.

Nefo Luhur Dradjati yang akrab disapa Nefo bergabung dengan PT Asuransi Cigna sejak tahun 2000 sebagai Direktur Human Resources. Sebelumnya Nefo bekerja di posisi yang sama di beberapa hotel skala internasional di Lulusan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta tahun 1987 ini juga telah mengikuti banyak pelatihan global mengenai Leadership dan Human Resources di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Hongkong dan Singapura.

Selain itu, Nefo bergabung dalam organisasi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan aktif dalam kegiatan sosial sebagai komitmen pribadinya.

 

Dewan Komisaris

 

Rosa Christiana Ginting - Presiden Komisaris dan Komisaris Independen

 

Diangkat sebagai Presiden Komisaris dan Komisaris Independen Cigna Indonesia sejak 15 Juni 2015. Sebelumnya menjabat sebagai Presiden Direktur PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia sejak tahun 2008 sampai dengan 2013, beliau memiliki lebih dari 35 tahun pengalaman pada industri asuransi jiwa. Beliau telah meraih gelar dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, Medan dan mengikuti pendidikan Occupational Medicine, Friedrich Wilhelm Universitaet, Bonn, Jerman.

 

Patrick David Graham - Komisaris

 

Diangkat sebagai Komisaris Cigna Indonesia sejak 15 Juni 2015. Menjabat juga sebagai CEO – Emerging Markets Cigna International, Health, Life & Accident sejak tahun 2013 sampai saat ini. Beliau memiliki lebih dari 11 tahun pengalaman pada industri asuransi jiwa. Meraih gelar BA (Hons) Modern History, Upper Second (2.1) dari Queen Mary & Westfield College, University of London, Inggris.

 

David Patrick Bourdon - Komisaris

 

Diangkat sebagai Komisaris Cigna Indonesia sejak 10 Desember 2013. Menjabat juga sebagai CFO Cigna Global Individual sejak 2013 sampai saat ini. Beliau sudah memiliki lebih dari 16 tahun pengalaman pada industri asuransi jiwa dan telah meraih gelar Master of Business Administration, Finance Concentration dari University of Maryland, Amerika dan Bachelor of Science dari United States Coast Guard Academy, Amerika.

 

Bambang Santoso Marsoem - Komisaris Independen

 

Diangkat sebagai Komisaris Independen Cigna Indonesia sejak 15 Juni 2015. Sebelumnya menjabat sebagai Komisaris PT Marga Mandalasakti sejak tahun 2009 sampai dengan 2011. Beliau telah meraih gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) International Economics dari North Carolina State University, Raleigh, North Carolina, USA dan MA International Economics dari Duke University, Durham, North Carolina, USA.

 

Penghargaan

 

Untuk mengukur keberhasilan sebuah perusahaan dalam menghargai dan memberikan kepuasan kepada pelanggan bisa dilihat dari dua sisi, internal dan eksternal. Secara internal, bagaimana perusahaan memperlakukan karyawan, akan menentukan sejauh mana profesionalitas perusahaan tersebut. Sedangkan secara eksternal, cara paling mudah untuk mengetahui tingkat bonafiditas perusahaan salah satunya bisa diketahui dengan penghargaan dan pengakuan yang diberikan pihak luar.

Semakin banyak prestasi dan penghargaan yang diraih, makin tinggi tingkat kepercayaan yang bisa didapat. Sebab, adanya prestasi dapat menjadi standar ukuran kualitas sebuah perusahaan. Namun, bukan itu yang kami kejar. Karena sejatinya, itu hanyalah pengakuan yang didapat karena kami terus meningkatkan kualitas dan kepedulian terhadap semua nasabah. Disanalah komitmen kami sebenarnya.

Karenanya kami jauh lebih bangga jika berhasil membantu nasabah untuk merencanakan kehidupan yang lebih baik bagi diri dan keluarganya masing-masing. Berikut beberapa pencapaian dan penghargaan yang akan terus mengiringi kami untuk memberikan yang terbaik pada setiap nasabah

"Infobank Insurance Awards 2015 Platinum Trophy atau penerima penghargaan selama 10 tahun berturut-turut"
2017
 

Unit Link Awards 2017

4 penghargaan dari Majalah Infobank untuk 3 produk unit linked Cigna, yakni:

 
Cigna Capital Link 2, Unit Link USD dengan predikat '5 Stars' atas kinerja Unit Link jenis Campuran periode 5 tahun (2012-2016) dan periode 3 tahun (2014-2016)
 
Cigna Capital Link 6, Unit Link USD dengan predikat '5 Stars' atas kinerja Unit Link jenis Campuran di tahun 2016
 
dan Cigna Bond Solid Fund, Unit Link IDR dengan predikat '5 Stars' atas kinerja Unit Link jenis Pendapatan Tetap di tahun 2016.

 

2016
 

Unit Link Awards 2016

dari Majalah Infobank untuk 4 produk unit linked Cigna, yakni Capital Link, atas kinerja imbal hasil (return) dengan predikat “Sangat Bagus” untuk kategori unit linked jenis campuran sepanjang 2015.

 

2015
 

Platinum Trophy Award

dari Majalah Infobank atas keberhasilan mempertahankan predikat kinerja “Sangat Baik” selama 10 Tahun Berturut-turut (2004 – 2014)

 

2013
 

Excellence Service Performance

diberikan oleh CARRE CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty) untuk Contact Center dalam kategori Industri Asuransi Jiwa & Asuransi Kesehatan.

Excellence Service Performance

diberikan oleh CARRE CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty) untuk Customer Service berbasis email dalam kategori Industri dari Banking Finance Insurance (BFI) tahun 2013.

Salah satu pemenang penghargaan Indonesian Healthcare Most Reputable Brand

dalam kategori asuransi kesehatan diberikan dalam penghargaan kolaborasi antara Onbee Research, Hachiko-Net Promoter Consultan dan Majalah SWA.

Bisnis Indonesia Insurance Award 2013

diberikan oleh Bisnis Indonesia dalam kategori The Best Practice Life Insurance.

Platinum Trophy Award

dari Majalah Infobank atas keberhasilan mempertahankan predikat kinerja “Sangat Baik” selama 10 Tahun Berturut-turut (2003 – 2012)

 

2012
 

Service Quality Gold Award

diberikan oleh CARRE CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty)

Call Center Award

diberikan oleh CARRE CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty)

Platinum Trophy Award

dari Majalah Infobank atas keberhasilan mempertahankan predikat kinerja “Sangat Baik” selama 10 tahun Berturut-turut (2002 – 2011).

 

Kantor Pemasaran

 
Jakarta (Kantor Pusat)
Cigna @ Tempo Pavilion 2
JL. HR. Rasuna Said Kav. 10
Jakarta 12950
Telp. 1-500-033

SIAP@Cigna.co.id
 

Tangerang
Wisma BCA Lt. PH
Jl. Soebianto Djojohadikusumo
BSD City, Serpong

Telp. 021 – 25657403
 

Bandung
Graha Bumi Putera Lt. 7 Suite 701B
Jl. Asia Afrika No. 141-149
Bandung

Telp. 022 – 4200545/ 4200646

Semarang
Wisma HSBC Pacific Building Lt. 6
Jl. Gajah Mada No. 135
Semarang 50134

Telp. 024 - 8454974          
 

Surabaya
Graha SA Lt. 3 Ruang 305
Jl. Raya Gubeng No. 19-21
Surabaya

Telp. 031 – 5022264 / 5046208
 

Medan
Gedung Graha Niaga 1 Lt. 3
Jl. Putri Hijau 20
Medan 20115

Telp. 061 – 4550774          

 

Tinjauan Finansial

 

Untuk mewujudkan kepuasan pelanggan, transparansi harus dikedepankan. Sebab, adanya transparansi, selain akan memudahkan orang memantau bagaimana perkembangan perusahaan, juga dapat dijadikan standar penilaian sejauh mana kualitas perusahaan tersebut.

Dan inilah yang terus kami pelihara untuk mendapatkan dukungan dari para nasabah, pemegang saham, dan berbagai pihak terkait lainnya. Dengan adanya transparansi, salah satunya dalam hal tinjauan keuangan, akan menjadikan setiap hal yang kami lakukan bisa dipantau perkembangannya. Sekaligus, inilah bukti kinerja kami yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sehingga, pada akhirnya, kami pun akan terus terpacu untuk memberikan yang terbaik bagi semua pihak.

Berikut kami sampaikan laporan tinjauan finansial kami: