Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Tentang Cigna

Tentang Cigna

Cigna Corporation

 

Cigna (NYSE : CI), merupakan sebuah perusahaan layanan kesehatan global yang membaktikan diri untuk membantu meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan rasa aman. Seluruh produk dan layanan tersedia secara eksklusif melalui anak perusahaan dari Cigna Corporation, termasuk Connecticut General Life Insurance Company, Cigna Health and Life Insurance Company, Life Insurance Company of North America dan Cigna Life Insurance Company of New York yang menawarkan serangkaian produk, perawatan, rencana dan pelayanan kesehatan yang terintegrasi termasuk perawatan medis, gigi, kesehatan jiwa, farmasi dan mata serta asuransi jiwa perorangan maupun kelompok, Asuransi Kecelakaan dan Ketidakmampuan Diri. Cigna beroperasi secara internasional di 30 negara, dan memiliki sekitar 95 juta nasabah di seluruh dunia.

Cigna di Indonesia

Cigna

PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) merupakan perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Didirikan pada tahun 1990, Cigna Indonesia merupakan anak perusahaan Cigna Corporation, salah satu perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di pasar Amerika Serikat, berkantor pusat di Bloomfield, Connecticut, juga beroperasi secara internasional di 30 negara, dan memiliki sekitar 95 juta nasabah di seluruh dunia yang dilayani oleh kurang lebih 41.000 karyawan.

Cigna Indonesia kini telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia dengan keunggulan dalam menyediakan produk dan layanan yang menjangkau konsumen dan rekan bisnis secara langsung. Pada akhir tahun 2016, Cigna Indonesia membukukan pencapaian rasio tingkat solvabilitas, atau disebut RBC (Risk Based Capital) sebesar 637% jauh di atas peraturan pemerintah sebesar 120%.

Sejalan dengan perkembangannya, Cigna Indonesia telah menerima sejumlah penghargaan dari berbagai institusi dan majalah bisnis di Indonesia. Penghargaan tersebut membuktikan komitmen Cigna Indonesia untuk menjadi organisasi yang customer centric dan senantiasa memberikan produk serta pelayanan terbaik bagi nasabah.

Cigna Indonesia memiliki izin usaha di bidang asuransi jiwa patungan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: Kep-369/KM.13/1990 tertanggal 24 Agustus 1990 juncto Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: 572/KMK.017/1994 tertanggal 25 November 1994 juncto Surat Menteri Keuangan Nomor S.324/MK.6/2001 tertanggal 22 Mei 2001 juncto Surat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor S-4302/NB.111/2015 tertanggal 13 Agustus 2015.

 

Tim Manajemen

 

Herlin Sutanto - Presiden Direktur

 

Herlin Sutanto menjabat sebagai Presiden Direktur Cigna sejak tahun 2017. Ia memiliki pengalaman lebih dari 28 tahun di berbagai macam posisi kepemimpinan di industri asuransi dan keuangan.

Herlin bergabung dengan Cigna Indonesia pada tahun 2014 sebagai Chief Operating Officer. Ia kemudian ditunjuk untuk memimpin jalur distribusi sebagai Chief Distribution Officer pada tahun 2016 sebelum kemudian menjabat sebagai Chief Executive Officer pada bulan April 2017.

Sebelum bergabung dengan Cigna Indonesia, Herlin memegang jabatan Chief Operating Officer di AIA Indonesia. Sepanjang kariernya, Herlin memegang sejumlah posisi strategis dalam memimpin berbagai macam fungsi di institusi keuangan besar seperti Citibank, GE Money, OCBC dan Danamon.

Herlin meraih gelar Sarjana Keuangan dari California State University, San Bernardino, Amerika Serikat. Sejak itu, ia telah meniti kariernya di dalam dan di luar negeri.

 

Philip Michael Reynolds – Direktur

 

Philip Michael Reynolds bergabung dengan Cigna Indonesia sebagai Chief Operating Officer pada bulan Oktober 2017. Sebelumnya, dia adalah Chief Financial Officer untuk Cigna Taiwan selama 5 tahun, dan pada saat yang sama menjabat sebagai Direktur Cigna Worldwide Life Insurance Company (Hong Kong) & Cigna Worldwide General Insurance Company (Hong Kong). Dengan latar belakang industri asuransi yang kuat, Philip berhasil memimpin proses perencanaan bisnis dan analisis kinerja bisnis Cigna di Taiwan, yang berhasil meningkatkan pendapatan secara signifikan selama masa jabatannya.

Philip adalah anggota Fellow of the Institute & Faculty of Actuaries Britania Raya dan memperoleh gelar sarjana di bidang Matematika, Riset Operasional, Statistik dan Ekonomi dari University of Warwick; serta diploma pascasarjana di bidang ilmu aktuaria dari Universitas Heriot-Watt, Inggris.

 

Ben Furneaux - Direktur

 

Ben Furneaux bergabung di Cigna dan menjabat sebagai Direktur dan Kepala Strategi untuk Cigna Individual dan International Market pada tahun 2011, sebelum dipromosikan sebagai Direktur di Cigna Indonesia tahun 2015.

Sepanjang kariernya di Cigna International Market, Ben pernah mengepalai Strategi Global, Pengembangan Usaha dan perluasan Individual Health, Life and Accident and Employer Medical propositions. Tanggung jawabnya mencakup pembukaan pasar baru, M&A, serta pengembangan kemitraan lintas wilayah dimana dirinya memegang peranan penting dalam negosiasi dan pembinaan hubungan kemitraan Joint Venture, serta penjualan langsung tatap muka.

Saat Ben memegang posisi sebelumnya, Cigna berhasil memasuki pasar India dan melakukan kerjasama Joint Venture dengan Finansbank di Turki serta memperbarui Joint Venture dengan CMB di Cina.

 

Nefo Luhur Dradjati – Direktur

 

Nefo Luhur Dradjati bergabung dengan Cigna Indonesia sejak tahun 2000 sebagai Direktur. Sebelumnya, beliau memegang posisi yang sama di beberapa hotel skala internasional. Lulusan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta tahun 1987 ini juga telah mengikuti banyak pelatihan global mengenai Leadership dan Human Resources di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Hongkong dan Singapura. Beliau memiliki pengalaman human resources lebih dari 20 tahun di beragam industri, mulai dari hospitality hingga asuransi.

Nefo juga bergabung dalam organisasi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan aktif dalam kegiatan sosial sebagai komitmen pribadinya.

 

Dewan Komisaris

 

Rosa Christiana Ginting - Presiden Komisaris dan Komisaris Independen

 

Rosa Christiana Ginting menjabat sebagai Presiden Komisaris dan Komisaris Independen Cigna Indonesia sejak 15 Juni 2015. Beliau memiliki lebih dari 36 tahun pengalaman pada industri asuransi jiwa. Pada tahun 2008 hingga 2013, beliau menjabat sebagai Presiden Direktur PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia. Beliau meraih gelar dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, Medan dan mengikuti pendidikan Occupational Medicine, di Friedrich Wilhelm Universitaet, Bonn, Jerman.

 

Patrick David Graham - Komisaris

 

Patrick David Graham diangkat menjadi Komisaris Cigna Indonesia sejak 15 Juni 2015. Beliau juga menjabat sebagai CEO – Emerging Markets Cigna International, Health, Life & Accident sejak tahun 2013 sampai saat ini. Beliau memiliki lebih dari 11 tahun pengalaman pada industri asuransi jiwa, dan meraih gelar BA (Hons) Modern History, Upper Second (2.1) dari Queen Mary & Westfield College, University of London, Inggris.

 

Timothy John Shields - Komisaris

 

Timothy J. Shields

Tim Shields ditunjuk sebagai Komisaris Cigna Indonesia pada tanggal 25 Juli 2017. Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Chief Executive Officer Cigna Taiwan. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Presiden Direktur Cigna Indonesia selama 2 tahun. Beliau memiliki pengalaman lebih dari 16 tahun di industri asuransi jiwa, dan ia meraih gelar Bachelor of Engineering dari Heriot-Watt University, Edinburgh, Skotlandia.

 

Bambang Santoso Marsoem - Komisaris Independen

 

Bambang Santoso Marsoem menjabat sebagai Komisaris Independen Cigna Indonesia sejak 15 Juni 2015. Sebelumnya, beliau pernah menjabat sebagai Komisaris PT Marga Mandalasakti pada tahun 2009 hingga 2011. Beliau meraih gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) International Economics dari North Carolina State University, Raleigh, North Carolina, USA dan MA International Economics dari Duke University, Durham, North Carolina, USA.

 

Struktur Organisasi

 

 

Struktur Organisasi PT Asuransi Cigna

 

Penghargaan

 

Untuk mengukur keberhasilan sebuah perusahaan dalam menghargai dan memberikan kepuasan kepada pelanggan bisa dilihat dari dua sisi, internal dan eksternal. Secara internal, bagaimana perusahaan memperlakukan karyawan, akan menentukan sejauh mana profesionalitas perusahaan tersebut. Sedangkan secara eksternal, cara paling mudah untuk mengetahui tingkat bonafiditas perusahaan salah satunya bisa diketahui dengan penghargaan dan pengakuan yang diberikan pihak luar.

Semakin banyak prestasi dan penghargaan yang diraih, makin tinggi tingkat kepercayaan yang bisa didapat. Sebab, adanya prestasi dapat menjadi standar ukuran kualitas sebuah perusahaan. Namun, bukan itu yang kami kejar. Karena sejatinya, itu hanyalah pengakuan yang didapat karena kami terus meningkatkan kualitas dan kepedulian terhadap semua nasabah. Disanalah komitmen kami sebenarnya.

Karenanya kami jauh lebih bangga jika berhasil membantu nasabah untuk merencanakan kehidupan yang lebih baik bagi diri dan keluarganya masing-masing. Berikut beberapa pencapaian dan penghargaan yang akan terus mengiringi kami untuk memberikan yang terbaik pada setiap nasabah

"Infobank Insurance Awards 2015 Platinum Trophy atau penerima penghargaan selama 10 tahun berturut-turut"
2017
 

Unit Link Awards 2017

4 penghargaan dari Majalah Infobank untuk 3 produk unit linked Cigna, yakni:

 
Cigna Capital Link 2, Unit Link USD dengan predikat '5 Stars' atas kinerja Unit Link jenis Campuran periode 5 tahun (2012-2016) dan periode 3 tahun (2014-2016)
 
Cigna Capital Link 6, Unit Link USD dengan predikat '5 Stars' atas kinerja Unit Link jenis Campuran di tahun 2016
 
dan Cigna Bond Solid Fund, Unit Link IDR dengan predikat '5 Stars' atas kinerja Unit Link jenis Pendapatan Tetap di tahun 2016.

 

2016
 

Unit Link Awards 2016

dari Majalah Infobank untuk 4 produk unit linked Cigna, yakni Capital Link, atas kinerja imbal hasil (return) dengan predikat “Sangat Bagus” untuk kategori unit linked jenis campuran sepanjang 2015.

 

2015
 

Platinum Trophy Award

dari Majalah Infobank atas keberhasilan mempertahankan predikat kinerja “Sangat Baik” selama 10 Tahun Berturut-turut (2004 – 2014)

 

2013
 

Excellence Service Performance

diberikan oleh CARRE CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty) untuk Contact Center dalam kategori Industri Asuransi Jiwa & Asuransi Kesehatan.

Excellence Service Performance

diberikan oleh CARRE CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty) untuk Customer Service berbasis email dalam kategori Industri dari Banking Finance Insurance (BFI) tahun 2013.

Salah satu pemenang penghargaan Indonesian Healthcare Most Reputable Brand

dalam kategori asuransi kesehatan diberikan dalam penghargaan kolaborasi antara Onbee Research, Hachiko-Net Promoter Consultan dan Majalah SWA.

Bisnis Indonesia Insurance Award 2013

diberikan oleh Bisnis Indonesia dalam kategori The Best Practice Life Insurance.

Platinum Trophy Award

dari Majalah Infobank atas keberhasilan mempertahankan predikat kinerja “Sangat Baik” selama 10 Tahun Berturut-turut (2003 – 2012)

 

2012
 

Service Quality Gold Award

diberikan oleh CARRE CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty)

Call Center Award

diberikan oleh CARRE CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty)

Platinum Trophy Award

dari Majalah Infobank atas keberhasilan mempertahankan predikat kinerja “Sangat Baik” selama 10 tahun Berturut-turut (2002 – 2011).

 

Kantor Pemasaran

 
Jakarta (Kantor Pusat)
 
Cigna @ Tempo Pavilion 2
JL. HR. Rasuna Said Kav. 10
Jakarta 12950
Telp. 1-500-033

SIAP@Cigna.co.id

 
Jam Operasional:
08.00 - 17.00 WIB (Senin-Jumat)
09.00 - 14.00 WIB (Sabtu)
 
Tangerang*
 
Wisma BCA Lt. PH
Jl. Soebianto Djojohadikusumo
BSD City, Serpong

Telp. 021 – 25657403

 
Jam Operasional:
08.00 - 17.00 WIB (Senin-Jumat)
*) Layanan nasabah di Kantor Pusat Jakarta
Bandung
 
Graha Bumi Putera Lt. 7 Suite 701B
Jl. Asia Afrika No. 141-149
Bandung

Telp. 022 – 4200545/ 4200646

 
Jam Operasional:
08.00 - 17.00 WIB (Senin-Jumat)
 
Semarang
 
Wisma HSBC Pacific Building Lt. 6
Jl. Gajah Mada No. 135
Semarang 50134

Telp. 024 - 8454974

 
Jam Operasional:
08.00 - 17.00 WIB (Senin-Jumat)
Surabaya
 
Graha SA Lt. 3 Ruang 305
Jl. Raya Gubeng No. 19-21
Surabaya

Telp. 031 – 5022264 / 5046208

 
Jam Operasional:
08.00 - 17.00 WIB (Senin-Jumat)
Medan
 
Gedung Graha Niaga 1 Lt. 3
Jl. Putri Hijau 20
Medan 20115

Telp. 061 – 4550774

 
 
Jam Operasional:
08.00 - 17.00 WIB (Senin-Jumat)

Tinjauan Finansial

 

Untuk mewujudkan kepuasan pelanggan, transparansi harus dikedepankan. Sebab, adanya transparansi, selain akan memudahkan orang memantau bagaimana perkembangan perusahaan, juga dapat dijadikan standar penilaian sejauh mana kualitas perusahaan tersebut.

Dan inilah yang terus kami pelihara untuk mendapatkan dukungan dari para nasabah, pemegang saham, dan berbagai pihak terkait lainnya. Dengan adanya transparansi, salah satunya dalam hal tinjauan keuangan, akan menjadikan setiap hal yang kami lakukan bisa dipantau perkembangannya. Sekaligus, inilah bukti kinerja kami yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sehingga, pada akhirnya, kami pun akan terus terpacu untuk memberikan yang terbaik bagi semua pihak.

Berikut kami sampaikan laporan tinjauan finansial kami: